Gumuk Pasir Yogyakarta

Keindahan pemandangan pantai bukanlah satu-satunya daya tarik Pantai Parangtritis, Di sebelah barat terdapat gumuk pasir yang konon katanya mirip Gurun Pasir. Mungkin bagi orang awam, keberadaan hamparan pasir di dekat pantai bukanlah sesuatu yang mengherankan. Padahal, pasir Parangtritis/Parangkusumo ini sangat unik, karena terbentuk di daerah yang curah hujannya tinggi. Bahkan, menurut data yang ada, gumuk pasir ini merupakan satu-satunya gurun pasir di Asia Tenggara. Jadi, tempat ini sangat istimewa bukan?

Pemandangan hamparan gurun pasir yang membentang tidak hanya bisa anda temui di Gurun Sahara, tapi juga di Gumuk Pasir Yogyakarta. Gumuk Pasir ini juga dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo, letaknya di Pantai Parangkusumo, tidak begitu jauh dari Pantai Parangtritis. Tempat ini akan memberi anda sensasi berlibur seperti di Gurun Sahara atau Gurun Gobi.

Gumuk Pasir Parangtritis/Parangkusumo terbentuk melalui proses yang memakan waktu ribuan tahun. Pasir yang ada di tempat tersebut sebenarnya berasal dari material vulkanik Gunung Merapi. Material vulanik gunung api ini terbawa arus sungai Progo dan sungai Opak sampai ke muara. Kemudian, ombak samudera menghantamnya hingga ke daratan. Gurun ini sangat mudah untuk dijangkau. Gumuk pasir ini terletak di jalur yang menghubungkan antara Pantai Parangtritis dengan Pantai Depok. Letak gumuk pasir ini tepat di sebelah barat tempat manasik haji. Jika Anda mengunjungi gumuk pasir Parantritis/Parangkusumo, Anda dapat memarkir kendaraan Anda di pinggir jalan. Apabila Anda ingin merasa lebih tenang dan aman, Anda juga dapat memarkir kendaraan Anda di warung-warung disana yang menyediakan jasa parkir.

Jika anda ingin memacu adrenalin di tempat ini, anda bisa mencoba sandoarding, yaitu meluncur dari gundukan pasir dengan papan yang menyerupai papan skateboard, hanya saja tanpa roda. Olahraga ini juga tidak terlalu beresiko karena gundukan pasirnya yang tidak terlalu tinggi dan juga anda tidak akan cidera saat terjatuh di gundukan pasir.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir

Lokasi Gumuk ini bisa anda tempuh lewat jalan yang sama dengan jalan yang dilewati jika ingin berkunjung ke Pantai Parangtritis. Namun akan lebih mudah jika anda lewat Pantai Depok, tepat sebelum gerbang Retribusi Pantai Parangtritis belok kanan, lalu ikuti saja jalan tersebut hingga bertemu pintu Retribusi Pantai Depok. Tepat sebelum memasuki Pantai Depok ambil jalan ke Timur (Belok Kiri). Di jalan penghubung antara pantai Depok dan Parangtritis ini lah terdapat (Sebelah Utara Jalan). Tiket masuk kesana Gratis hanya saja anda perlu membayar Retribusi memasuki area Pantai sebesar Rp 5.000

Tinggalkan Balasan